Jumat, 27 Juli 2012

Why Not??

Beberapa hari yang lalu ada temen di facebook yang bikin status kaya gini:

"saya serasa langsung ditegur baca tulisan ini. kemarin saya menegur teman perempuan yang makan di depan yang sedang berpuasa (dengan galak, padahal niatnya gak beneran galak, gomenne..) Subhanallah, kebayang gimana kehidupan Rasul dulu ya, yang salah sedikit langsung ditegur Allah melalui berbagai cara...."
dan dia menyertakan link ini: Puasa di Jepang: Hormati yang Tidak Puasa!
Lalu saya komen kaya gini:
"wah,,klo sy di rumah seh makan aja di dpn org yg puasa. udah pd ngerti da teh..hehe
klo ditegur jd kesannya org yg puasa itu gila hormat ya,,kecuali klo merokok,,secara keisep jg asapnya.. :D"

dan dia jawab gini:

"sebelum baca artikel ini, saya tadinya menegur orang yang makan di depan orang puasa itu ndak sopan, bukan berarti gila hormat. karena orang berpuasa itu sudah mah menahan lapar haus, menahan nafsu dll, eh jadi ngiler deh liat yang lagi makan enak-enaknya (nambah2in ujian godaan gitu).
cuman setelah baca ini, saya jadi mikir, egois banget kalo kita gak mikirin perasaan orang yang gak puasa, mereka gimana makannya ya, heu... jadi yah, berusaha saling menghormati saja. saling mengerti"

Dari sana saya baru sadar kalau tak semua orang memiliki pemikiran sama seperti saya. Kenapa saya bilang kesannya gila hormat karena semua orang "dipaksa" untuk menghormati orang yang sedang puasa. Selain tidak baik makan dan minum di depan orang yang puasa, padahal kita lagi gak puasa, rumah makan pun tutup selama siang. Kalo saya seh mikirnya, kenapa juga harus tutup? kasian kan orang yang gak puasa. Gimana kalo gak ada rumah makan lain yang dekat dan murah?? *curcol*
Bagiku fine aja kalo rumah makan buka selama puasa. Memangnya, kalo rumah makan buka, terus kita bakalan batal gitu?? Iman kita ga sekecil itu kan..??

Ga usah jauh-jauh deh ngerasain di negara Jepang yang minoritas Muslim. Coba deh kalo puasa sunat, kita kok ga minta dihargai ya? kita bisa survive kan walau pedagang makanan dimana-mana??! Ya anggap saja seperti itu. Kan bisa sekalian nambah pahala puasa. ^_^
Coba ya, kebayang gak sih jaman Rasulullah dulu, ketika masih Jahiliyah, gimana coba puasanya? Justru itu intinya menahan hawa nafsu! ;)

Seperti cerita pada link di atas, saya yakin, kalo kita menghargai orang lain, tanpa diminta dan dipaksa pun, orang lain akan menghargai kita! ^^

Selamat berpuasa kawan,,selamat menahan hawa nafsu! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar