Rabu, 28 Maret 2012

The Host - Ketika Manusia Menjadi Makhluk Asing

Judul     : The Host - Sang Pengelana
Penulis  : Stephenie Meyer
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Ber-setting masa dimana makhluk asing melakukan invasi ke planet bumi. Seluruh manusia telah dikuasai oleh mereka, para makhluk asing yang disebut "jiwa". Diceritakan, seorang manusia yang berhasil ditangkap, bernama Melanie yang kemudian disisipi, sehingga tubuh dan pikirannya dikuasai oleh makhluk tersebut. Tapi, ada yang aneh setelah proses penyisipan itu. Pikiran Melanie seolah-olah masih hidup di dalam kepalanya, dan ketika "jiwa" yang bernama Wanderer itu mencoba melihat pikiran Melanie, ada semacam dinding yang menghalangi.

Awalnya Wanderer merasa aneh dan lemah, karena tidak bisa menaklukan pikiran Melanie. Tapi lambat laun mereka mulai bersahabat. Ketika itulah, Melanie memperlihatkan rahasia terbesarnya yang selama ini dia simpan. Masih ada manusia lain yang hidup!! Ada Jamie, sang adik, dan Jared, kekasihnya. Mereka adalah orang yang paling Melanie cintai dan lindungi.

Sampai akhirnya pikiran-pikiran dan kenangan Melanie, menuntun Wanderer untuk mencari Jamie dan Jared. Hingga hal itu membawa mereka menemukan kenyataan yang saat itu mereka anggap mustahil! Mereka bertemu dengan manusia lainnya!
Bagaimanakah nasib mereka? Akankah para manusia itu percaya bahwa Melanie masih hidup di dalam tubuh itu?
Tak hanya itu, kisah drama percintaan antara gadis yang memiliki dua pemikiran dan mencintai dua orang yang berbeda. Yang pastinya, aneh dan seru! Bagaimanakah akhir cerita cinta mereka? Semua dijawab di buku ini.

Hal yang paling menarik dari buku ini adalah bagaimana seorang Stephenie Meyer kembali mengambil tema yang 'tidak biasa' dengan mengambil sudut pandang dari makhluk asing dan meramunya menjadi sebuah hal yang familiar sekaligus unik.
Disini, kita bisa bercermin dengan "jiwa", sudah se-manusia apakah kita??
Ketika orang sudah tak saling menghargai dan tak mencintai bumi, masihkah kita pantas hidup disini, di planet bumi? masihkah kita pantas disebut manusia? atau mungkin, makhluk asing itu memang lebih pantas karena bisa menjaga bumi dan membuatnya damai?

Pertama ketika buku ini keluar, saya merasa tidak tertarik, karena saya kira ini buku tentang petualangan masa lalu. Baik cover maupun sinopsis di belakangnya tidak terlalu menarik. Tapi karena tertarik pada pengarangnya, akhirnya saya beli dan baca juga walau agak telat seh!hehe,, dan benar saja pepatah "Don't judge the book by its cover",,karena memang buku ini  sangat bagus! Bahkan lebih bagus daripada Twilight-Series menurutku. Di buku ini, saya telah belajar tentang ketulusan, pengorbanan, bagaimana mencintai dan  menjadi 'manusia'. Kalau kalian suka Twilight-Series, saya yakin, kalian akan lebih suka The Host. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar