Minggu, 04 Maret 2012

BlackBerry Casual Meetup Bandung - The Best Meetup Ever

Pada tanggal 3 Maret 2012 kemarin, aku ikut acara meetup BlackBerry gitu.. Acara ini adalah semacam seminar dan sharing bagi para developer ataupun calon developer. Bagi yang belum tau apa itu developer,,developer adalah orang yang membuat aplikasi yang disini dikhususkan untuk mobile/ smartphone. Karena ini adalah Casual Meetup, maka tempatnya di sebuah kafe gitu "Vanila Kitchen & Wine" di Jl. Cimanuk no.11, Bandung. Banyak hal-hal yang diinformasikan, diantaranya bagaimana cara mendapatkan uang dari industri develop for mobile. Aku bahkan tak pernah kepikiran kalau sebuah theme saja bisa menghasilkan uang yang lumayan! Itu untuk theme yang gratis lho! ;) Selain itu, ada beberapa hal yang membuat acara ini "The Best Ever", diantaranya:  

  1. Acaranya GRATIISSS!! maklum mahasiswa, jadi paling suka yang gratisan! hehe

  2. Ada "gegedug" RIM (Research In Motion) Jason Saunderson dari Kanada yang memberikan sambutan

  3. Makanan GRATIS!! Di tiket acaranya memang tertulis bahwa kita dapat lunch. Tapi yang gak nyangkanya adalah tidak hanya lunch, tapi appetizer, dessert, and coffee break! gak akan kelaparan pokoknya!haha...selain dapat ilmu gratis, dapat makan gratis pula! ^.^ #HidupMahasiswa!
     

  4. Di acara ini ternyata "kegalauanku" pun terjawab! :D itu karena kami diperkenalkan dengan WebWork. Suatu aplikasi yang bisa mengubah program di PC menjadi program di mobile. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga bisa untuk cross OS, misal: program untuk BlackBerry dirubah ke bentuk Android. Tentu saja ini sangat memudahkan bagi para developer. Mereka tidak perlu susah-susah untuk membuat ulang program yang sama, tapi untuk flatform berbeda. Dan bagiku, ini adalah jawaban, karena cukup menggunakan HTML 5 dan JQuery, sudah bisa membuat aplikasi mobile. Tentu, ini menjawab "kegalauanku" yang  tidak terbiasa dengan bahasa Java. :) Informasi lainnya, adalah untuk unlock BlackBerry sekarang tidak perlu bayar alias GRATISSS (lagi-lagi)!! ^^ (dulu harus bayar sekitar US $20). So, bagi kalian yang ingin masukin aplikasinya ke AppStore BlackBerry, bisa daftar di sini dulu: Blackberry.

  5. Puncaknya adalah ada kompetisi membuat Aplikasi menggunakan WebWork atau Android. Dari kategori tersebut. Akan dipilih masing-masing 3 juara. Jadi total 6 Juara. Mulainya dari kemarin sampai tanggal 19 Mei 2012. Dan inilah hadiahnya: 



  6. Acara ini adalah acara Casual Meetup Pertama di dunia! Biasanya untuk acara-acara kaya gini diadainnya secara formal. Dan...Bandung adalah kota pertama yang menyelenggarakannya! ^.^ Acara ini juga rencananya akan diselenggakan di kota Malang (10 Maret), Yogyakarta (17 Maret), Jakarta (24 Maret) dan Bali (7 April). Bagi yang ingin tau lebih lanjut tentang acara-acara di kota lain, bisa lihat webnya www.bbdevid.com atau twitternya @bbdevid. So, be there guys! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar