Minggu, 12 Desember 2010

Ketindihan

Pernah dengar istilah itu?? Aku pernah mendengarnya dari cerita teman-teman atau dari novel. Kalau istilah sundanya "ku alap-alap" (kalau gak salah.hhe...). Yah, apapun istilahnya, kejadian ini adalah sebuah fenomena di saat kita sedang tertidur atau baru bangun. Jadi orang yang ketindihan biasanya merasakan seperti diduduki (ditindih) sesuatu sehingga mereka sulit bergerak, bernafas, bahkan tidak bisa bicara. Mitosnya, penyebab hal tersebut adalah makhluk halus yang menyerang tubuh kita. Sebenarnya aku tidak percaya, sampai suatu saat aku mengalaminya....

Waktu itu aku sedang tidur di kosan temen (nginep). Pagi-pagi aku terbangun dan tidak bisa bernafas dan bicara. Aku panik donk...bingung,,ada apa ini??? Aku kira temanku yang membekap mulutku,,tapi setelah aku menengok ke sebelah, dia masih tertidur lelap! Aku tambah panik...aku gak bisa ngapa-ngapain!! Tapi setelah beberapa menit aku bisa bebas dan bernafas dengan buasnya. Temanku sampai terperanjat! Dia bertanya aku kenapa. Aku juga bingung mau jawab apa. Aku gak tau aku kenapa....!!

Yang pasti itu pengalaman paling mengerikan sepanjang hidupku! Rasanya tak enak tidak berdaya,,,dan tidak tahu apa penyebab itu semua....

Akhirnya karena penasaran aku coba googling. Dan aku mendapatkan penjelasan yang cukup masuk akal. Well, itu ternyata namanya "Sleep Paralysis". Dari artikel yang aku baca, Sleep Paralysis ini adalah kelumpuhan sementara yang terjadi sesaat sebelum atau sesudah tidur. Ketika sedang tidur, tubuh kita akan mengalami kelumpuhan karena sedang bermimpi. Coba bayangin, kalau misalnya kita bermimpi dan tubuh kita mengikuti semua gerakan mimpi tersebut, bisa ribet kan??!! hehe... Makanya tubuh secara otomatis melumpuhkan seluruh anggota tubuh. Ketika kita terbangun, maka otomatis tubuh kita juga pulih dari kelumpuhan tersebut. Nah,,"Ketindihan" ini terjadi ketika kita sudah tersadar, tetapi tubuh masih lumpuh. Jadi kita sama sekali tidak bisa menggerakkan anggota tubuh.

Penyebabnya banyak, diantaranya stres. Hmm....emang aku lg stres ya waktu itu??? heu....
Untuk penjelasan lebih lanjut tentang "Sleep Paralysis" bisa dilihat disini. :)

2 komentar: